Sabtu, 12 Maret 2016

Pengenalan dan Cara menginstal iSpring



Pengenalan Perangkat Lunak iSpring

A. Pengertian
     Spring Presenter adalah software pembelajaran yang terintegrasi (add ins) dengan perangkat lunak Microsoft Power Point. ISpring Presenter merupakan salah satu tool yang mengubah file presentasi yang kompatibel dengan Power Point menjadi bentuk flash dan bentuk SCORM / AICC, yaitu bentuk yang biasa digunakan dalam pembelajaran dengan e-learning LMS (Learning management System). Perangkat lunak Ispring tersedia dalam versi free (gratis) dan berbayar. Dengan iSpring Presenter bahan ajar dapat disajikan secara interaktif dan menarik. Selain itu evaluasi pembelajaran dapat disajikan dalam aneka bentuk. Misalnya True/False, Multiple Choice, Multiple Response, Type in, Matching, Sequence, Numeric, Fill in the Blank, Multiple Choice Text dan Word Bank. Ispring Presenter secara mudah dapat diintegrasikan dalam Microsoft power point sehingga penggunaannya tidak membutuhkan keahlian yang rumit.

B. Fungsi
     Aplikasi iSpring fungsinya adalah untuk memasukkan interaktivitas tambahan dalam Microsoft Powerpoint dan mengekspor powerpoint ke beberapa format tertentu (disarankan menggunakan Powerpoint 2007 ke atas). Untuk versi yang terbaru, sudah dapat dlakukan eksport untuk mobile dalam format HTML5. Interaktivitas tersebut dapat berupa animasi Flash (.swf), kuis, video khususnya .flv dan dari Youtube, dan sebagainya. Perangkat lunak Ispring tersedia dalam versi free (gratis) dan pro (berbayar).Ispring secara mudah dapat diintegrasikan dalam Microsoft Power Point sehingga kita tidak membutuhkan keahlian khusus. Beberapa fitur Ispring Presenter adalah: 
  1. iSpring bekerja sebagai add-ins Powerpoint, untuk menjadikan file Powerpoint lbih menarik dan interaktif berbasis Flash dan dapat dibuka di hamper setipa computer dan platform.
  2. Dikembangkan untuk mendukung e-learning. iSpring dapat menyisipkan berbagai bentuk media, sehingga media pembelajaran yang dihasilkan akan lebih menarik, diantaranya adalah dapat merekam dan sinkronisasi video presenter, menambahkan Flash dan video YouTube, mengimpor atau merekam audio, menambahkan informasi pembuat presentasi dan logo perusahaan, serta membuat navigasi dan desain yang unik (pro).
  3. Mudah didistribusikan dalam format flash, yang dapat digunakan dimanapun dan dioptimalkan untuk web.
  4. Membuat kuis dengan berbagai jenis pertanyaan/soal yaitu: True/False, Multiple Choice, Multiple response, Type In, Matching, Sequence, numeric, Fill in the Blank, Multiple Choice Text (pro).
C. Langkah-langkah Penginstalan    
  1. Download dan install iSpring versi free dari link berikut. http://www.ispringsolution.com/ispring- free/download.html. Kita dipersilahkan untuk memilih sesuai OS kita yakni ada 32 bit dan 64 bit.
  2. Setelah download selesai, buka aplikasi iSpring. Jika muncul tampilan seperti berikut, klik Next untuk melanjutkan instalasi.
  3.  Pada tampilan selanjutnya, beri centang pada checkbox yang bertuliskan “I accept the terms in the License Agreement”, lalu klik Next untuk menuju langkah selanjutnya.
  4. Selanjutnya, kita akan diminta untuk menentukan direktori/folder untuk peletakan instalasi iSpring. Secara default, sistem operasi kita akan memilihkan di Program Files. Biarkan saja tetap kecuali kita ingin merubahnya. Langsung saja klik Next ya.
  5. Pada tampilan selanjutnya, kita akan bertemu tombol Install untuk memulai instalasi. Jika kita menggunakan Windows yang memiliki User Account Control (UAC) yang masih aktif, klik Yes jika ada konfirmasi setelah tombol Install diklik. Tunggu sampai proses instalasi selesai.
  6. Setelah selesai, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Berikan centang pada checkbox yang bertuliskan “Launch iSpring Free 7″ untuk langsung mengaktifkan aplikasi iSpring yang sudah kita instal.
  7. Nah,setelah itu kita akan diberikan tampilan awal dari aplikasi iSpring di mana aplikasi ini terintegrasi layaknya plugin pada Microsoft Powerpoint. Untuk memulainya, klik tombol Launch Powerpoint.
  8. Di sini kita menggunakan Microsoft Powerpoint 2007, tetapi pada dasarnya tampilannya akan serupa untuk Powerpoint versi di atasnya baik Powerpoint 2010 maupun Powerpoint 2013.
  9. Setelah Powerpoint terbuka, akan terdapat tab baru pada ribbon menu Powerpoint yang bertuliskan iSpring Free 7. Nah, di dalamnya akan terdapat beberapa tombol yang bisa kita gunakan. Perhatikan gambar berikut
  10. Jika kita perhatikan, untuk versi free hanya akan ada beberapa tombol seperti gambar di atas. Namun, jika kita membeli versi pro, akan ada lebih banyak tombol yang bisa kita gunakan. Berikut perbandingan dengan versi pro
  11. Walaupun versi free, kita sudah diberikan fasilitas untuk eksport Powerpoint baik untuk mobile maupun desktop, import file Flash (.swf), dan import video dari Youtube.
  12. Berikut tampilan dari masing-masing fungsi tombol yang ada di versi free :
 Publish ke Format Desktop dan Mobile melalui tombol Publish. Import .swf (File Flash) melalui tombol Flash MovieImport video dari Youtube.Versi pro bisa kita gunakan jika kita merasa fitur di versi Free terasa kurang. Namun, dari produk yang yang di http://www.ispringsolutions.com/ , juga terdapat software free lain seperti untuk membuat kuis dan sebagainya. Setidaknya kita tidak perlu budget untuk membeli lisensinya jika menggunakan versi free.
       Demikian semoga bermanfaat
Daftar Pustaka.
 .    http://www.ispringsolution.com/ispring- free/download.html.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar